Alligator Fish ( Atractosteus spatula )




Seiring dengan statusnya sebagai spesies terbesar dari Gar, yaitu Alligator Gar adalah ikan air tawar terbesar hanya ditemukan di Amerika Utara, berukuran 8 sampai 10 kaki (2,4 - 3,0 m) dan berat sedikitnya 200 lb (91 kg). Kenny Williams, dari Vicksburg, Mississippi, telah memecahkan rekor untuk Alligator Gar terbesar yang pernah tertangkap menggunakan jaring.

Dia tertangkap pada tanggal 14 Februari 2011 dengan panjang 8 kaki 5 in (2,57 m) panjang, dengan berat 327 lb (148 kg), dan hampir sekitar 48 in (120 cm) Ikan ini diyakini antara 50 dan 70 tahun oleh pejabat satwa liar itu.

Williams telah menyumbangkan ikan ke Museum Ilmu Pengetahuan Alam Mississippi di Jackson di mana ia akan dipamerkan permanen di masa depan.

Rekor dunia saat ini untuk Alligator Gar terbesar tertangkap pada rod dan reel adalah £ 279 (127 kg). Terbesar diambil oleh bowfishing adalah 365 lb (166 kg). Ikan ini juga dikenal karena kemampuannya untuk bertahan hidup di luar air, bisa berlangsung sampai dua jam di atas permukaan.

Biasa disebut Aligator Gar dengan nama lain Ikan Aligator atau Ikan Buaya. Dinobatkan sebagai salah satu spesies ikan primitif yang sudah ada sekitar 100 juta tahun lalu. Berhabitat asli di Amerika Utara dengan ciri fisik moncong panjang seperti buaya dan memliki badan yang panjang, ikan ini sangatlah agresif dan rakus dalam pola makan. berikut beberapa spesiesnya:


• Longnose Gar : Lepisosteus Osseus

 
• Shortnose Gar : Lepisosteus platostomus

• Spotted Gar : Lepisosteus oculatus




• Florida gar : Lepisosteus platyrhincus


• Alligator gar : Atractosteus spatula


• Tropical gar : Atractosteus tropicus

• Cuban gar : Atractosteus tristoechus

• Shortnose gar + Alligator gar
• Longnose gar + Alligator gar
• Florida gar + Alligator gar
• Morphs of Gar the Gold gar

Suhu :
Yang di kehendaki oleh ikan ini berkisa 20-250 derajat cecius, untuk memeliharanya di aquarium dibutuhkan berbagai jenis tanaman-tanaman air ( Imitasi atau Buatan ), pasir dan bebatuan karena itu adalah habitat alaminya dan membuat ikan ini tidak gampang stres.Dan jika ingin di satukan dengan ikan lainnya sebaiknya ukurannya seimbang karena ikan ini tidak akan segan-segan untuk menyerang ikan lainnya.Ikan ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Pakan :
Karena ikan ini adalah ikan karnivora jadi ikan ini dapat di beri pakan berupa pakan-pakan hidup seperti ikan2 kecil,udang,dan beberapa serangga.Yang sangat di rekomondasikan adalah anakan ikan lele daripada pakan dan ikan kecil laiinya.Tapi,tetaplah memberikan pakan yang bervariasi agar ikan kamu tidak bosan dengan makanan yang kamu berikan.

Perkembangbiakan :
Perkembangbiakan ikan ini dapat di lakukan di aquarium dan kolam dengan suhu berkisar 25 derajat celius hingga 28 derajat celcius,dengan menggabungkan 2 jantan dan 1 betina.Setelah terjadi pembuahan maka telur akan bersebaran di permukaan air dan akan tenggelam ke dasar air.Ikan ini dapat bertelur hingga 1100 butir.
Cara membedakan jantan dan betina beginilah caranya:
Betina : Ukuran tubuh lebih besar,sirip anal rata
Jantan : Ukuran tubuh lebih kecil,s irip anal tampak berjumbai
Jika Burayak (Bayi Alligator) sudah mulai bermunculan beri makan mereka dengan kutu air dan artemia dan sampai ikan-ikan kecil sesuai dengan besarnya mulut burayak kamu.

Harga :
Pasaran Indonesia:

- Spotted Gar :
    * 10 cm - 20 cm : Rp. 15.000,-  s.d  Rp.20.000,-
    * 20 cm - 30 cm : Rp. 20.000,-  s.d  Rp.45.000,-

- Alligator Gar :
    * 15 cm - 30  cm : Rp. 50.000,-  s.d  Rp. 80.000,00
    * 30 cm - 40  cm : Rp. 85.000,-  s.d  Rp. 250.000,00
    * 40 cm - 300 cm  : > Rp. 200.000,-

Jika ingin memelihara ikan alligator ini dengan pertumbuhan yang sangat cepat, pilih aligator jenis spatulla. Kalo tempat terbatas pelihara Spotted, dan yang paling unik dan mahal adalah Longnose Gar.
Perbedaannya moncong Longnose panjang dan tipis beda dari gar lainnya. Harga spotted gar paling murah.






Baca juga:
# Fakta unik Ikan Alligator

0 komentar:

Posting Komentar